Skip to main content

Sebelum Menjadi Indonesia, Indonesia Pernah Gunakan Lima Nama Ini

Indonesia bukan satu-satunya nama yang digunakan sesudah dan sebelum kemerdekaan. Karena faktanya,nama Indonesia sendiri adalah nama final yang diambil dari Bahasa Yunani "Indo" "Nesie" yang artinya  Kepulauan Hindia. Di sejarah sendiri masih banyak yang belum mengetahui lima nama yang pernah digunakan oleh Indonesia. Karena di era kolonialisme,memang nama Indonesia bukanlah nama yang dikenal.

Sejarah nama Indonesia bermula pada tahun 1869 oleh seorang cendekiawan Inggris bernama James Richardson Logan. Saat itu Ia tengah menyusun tulisannya yang berjudul “Journal Of The Indian Archipelago and Eastern Asia” dan bingung dengan penyebutan Indonesia yang saat itu belum memiliki nama resmi. Lima nama ini pernah digunakan sebelum akhirnya menjadi nama Indonesia. Berikut informasinya.


1. Hindia
Nama Hindia untuk Indonesia populer setelah keberhasilan Vasco da Gamma, seorang pelaut Portugis tiba di kepulauan Indonesia sekitar tahun 1498 Masehi. Namun penyebutan Hindia sendiri sudah berlaku sejak masa keemasan Herodotus, ahli ilmu sejarah berkebangsaan Yunani atau yang dikenal sebagai Bapak Ilmu Sejarah. Akan tetapi nama Hindia baru berlaku untuk penyebutan kepulauan pada masa Ptolomeus, ahli ilmu bumi terkenal yang hidup pada 100-178 Sebelum Masehi.

Namun setelah Vasco da Gamma tiba di Indonesia, nama Hinda justru populer hanya untuk penyebutan kepualauan di Indonesia saja.  Penyebutan ini kemudian diikuti oleh bangsa-bangsa lain yang juga datang ke Indonesia. 

2. Nederlandsch-Indie atau Hindia Belanda
Setelah Belanda berkuasa di tanah air, nama Hindia mulai ditambahi dengan embel-embel Belanda di belakangnya. Nederlandsch-Indie atau Hindia Belanda merupakan nama yang diberikan oleh pimpinan Belanda Cornelis de Houtman pada tahun 1596. Unit politik yang berada di bawah jajahan Belanda memiliki nama resmi Nederlandsch-Indie (Hindia-Belanda).

3. Insulinde
Indonesia juga pernah dijuluki Insulinde yang artinya Pulau di Hindia. Nama ini diberikan oleh Eduard Douwes Dekker atau yang memiliki nama samaran Multatuli pada tahun 1860. Ia merupakan pegawai pemerintah yang kecewa melihat kesewenang-wenangan pemerintahan kolonial Belanda di Indonesia. Douwes Dekker kemudian menulis buku yang berjudul "Max Havelaar atau Lelang Kopi Perusahaan Dagang Belanda". Dalam bukunya Ia meminta kepada Raja William III, selaku kepala negara untuk bertanggungjawab atas kesewenang-wenangan dan korupsi pemerintahan di Indonesia. Namun nama tidak populer walau pernah menjadi nama surat kabar dan organisasi pergerakan di awal abad ke-20.

4. Nusantara
Nama Indonesia lainnya adalah Nusantara. Ini bersumber dari naskah dalam perpustakaan India Kuno yang ditujukan untuk menamai Indonesia. Kitab Negarakertagama menyebutkan jika Nusantara merupakan  pulau-pulau kecil yang berada di luar tanah Jawa. Sementara dalam sejarah Melayu, dipakai nama Nusa Tamara. Nama inipun sesungguhnya berasal dari perkataan yang diucapkan Nusantara.

5. The Malay Archipelago
Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun "Malay" artinya Melayu, "Archipel" yang berasal dari bahasa Yunani "Archipelagus" (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.

Comments

Popular posts from this blog

Rahasia Cara Menghilangkan Bulu Kaki Alami

Berbagai cara menghilangkan bulu kaki dilakukan perempuan, baik secara alami atau dengan cara lain. Memiliki bulu kaki padat memang bukan cita-cita wanita yang diberikan banyak wanita ingin kaki halus tanpa bulu. Setiap wanita memiliki kaki yang berbeda berat, disebabkan oleh faktor hormonal semua orang. Apalagi perawatan jarang dilakukan dengan baik membuat bulu tumbuh. Untuk itu baik Anda melakukan pemeliharaan secara teratur dalam rangka untuk menghapus bulu pergi. Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan rambut kaki tanpa rasa sakit, tetapi kebanyakan wanita hanya tahu bagaimana untuk menghapus kaki rambut kaki dengan cara mencukur dan waxing cara juga. Tapi cara keduanya akan memberikan rasa sakit dan bahkan memicu timbulnya iritasi kulit. Baik jika Anda ingin menghilangkan kaki rambut kaki dengan cepat dan mudah, silakan merujuk ke beberapa cara berikut menghilangkan kaki rambut kaki yang sukses Auto ringkasan admin dari berbagai sumber. Cara Menghilangkan Bulu Kaki

Inilah 5 Alasan Amerika Takut Menyerang Indonesia

Amerika yang disebut-sebut menjadi negara adidaya di dunia ini, merupakan salah satu negara yang berkategori negara maju. dan dalam sektor apapun Amerika merupakan negara unggulan. Tapi, Nyatanya di sektor militer Amerika kalah dengan Indonesia. Ya,seperti kita ketahui memang Amerika memiliki militer yang bagus dan baik. Perlengkapan senjatanya pun sangat lengkap karena didukung dari negara lain. Tapi,nyatanya Amerika dan Indonesia masuk dalam nominasi militer yang terbaik di dunia. Sehingga Amerika takut menyerang Indonesia. 5 Alasan Amerika Takut Menyerang Indonesia dapat menjadi kebanggaan untuk kita. Alasan Amerika Takut Menyerang Indonesia 1. Perang AS melawan Vietnam atau perang AS melawan Korea Utara adalah sejarah suram bagi AS karena militer AS begitu kuwalahan menghadapi para anggota militer Vietnam dan Korea Utara. Lantas, apa hubungannya dengan Indonesia? Memang tidak banyak yang tahu bahwa Indonesia disebut-sebut sebagai ‘guru’ Korea Utara dan Vietnam. Militer

Kata Kata Bijak Yang Menyentuh Penuh Makna

Hidup ini selalu dipenuhi dengan masalah,baik masalah kehidupan,percintaan,pekerjaan,keluarga dan juga masalah-masalah yang rumit lainnya. Kita sering memilih putus asa dan juga sering terpuruk dalam melewati semua masalah. Tidak memiliki teman untuk sharing serta vurhat tidak tahu bagaimana mencari jalan keluar untuk melalui kesulitan karena benar-benar dirundung kesedihan. Banyak orang yang mencari artikel mengenai Kata Bijak Yang Menyentuh . Yang bertujuan untuk memotivasi diri sendiri. Karena beberapa kata bijak keren dibawah ini dapat membantu anda kembali semangat dalam menjalani kehidupan yang sulit ini. Walaupun tak seindah kata bijak,tapi kata bijak sangat baik untuk psikologis kita,karena bacaan-bacaan dari kata kata mampu membuat kita berpikir lebih positif lagi. Bagi anda yang membutuhkan Kata Kata Bijak Yang Menyentuh Penuh Makna anda bisa membaca artikel ini untuk penyemangat hidup. Serta mendapat energi positif untuk menjalani kehidupan yang keras ini,berikut be